Salah satu
faktor yang mempengaruhi kualitas belajar adalah sikap. Seorang anak memiliki
sikap positif terhadap belajar, maka anak tersebut akan memperoleh kesuksesan
dalam belajar. Begitu juga sebaliknya, seorang anak yang memiliki sikap negatif
didalam kelas ketika sedang belajar, maka anak tersebut sulit
memperoleh kesuksesan dalam belajar. Oleh karena itu seorang guru perlu memiliki
kemampuan untuk mendorong siswa – siswanya agar memiliki sikap yang positif terhadap mata pelajaran yang diampunya.
Menurut
pendapat Marzono (Thuy, 2005) yang mengatakan bahwa syarat perlu untuk berhasil
dalam belajar adalah (1) persepsi dan sikap positif siswa terhadap belajar dan
(2) kebiasaan berpikir siswa
.
(Azwar, 2005)
mendefinisikan sikap sebagai bentuk evaluasi atau reaksi perasaan. Sikap
seseorang terhadap suatu objek adalah perasaan mendukung maupun perasaan tidak
mendukung pada objek tersebut.
Pendapat tersebut memberikan penekanan pada perasaan suka atau tidak suka
seseorang yang dapat dilihat dari reaksi atau responsnya terhadap objek sikap
tersebut .
Sikap menurut
Fishbein dan Ajzen (1975) adalah suatu presdisposisi yang dipelajari untuk
merespon secara positif atau negatif terhadap suatu objek, sesuai konsep atau
orang
.
Fishbein
(1985) mendefinisikan sikap adalah predisposisi emosional yang dipelajari untuk
merespons secara konsisten terhadap suatu objek.
Secara Operasional sikap dapat diekspresikan dalam bentuk kata – kata atau
tindakan yang merupakan respons reaksi dari sikapnya terhadap objek baik berupa
orang, suatu peristiwa, situasi dan lain sebagainya.
Sementara itu, Chaplin (1981)
dalam “Dictionary of Psychology” menyamakan sikap dengan pendirian. Lebih
lanjut dia mendefinisikan sikap sebagai predisposisi atau kecenderungan yang
relatif stabil dengan berlangsung terus menerus untuk bertingkah laku atau
bereaksi dengan suatu cara tertentu terhadap orang lain, objek, lembaga atau
persoalan tertentu
.
Selain
menurut pendapat diatas Bruno (1987), sikap (attitude) adalah kecenderungan
yang relatif menetap untuk bereaksi dengan cara baik atau buruk terhadap orang
atau barang tertentu.
Kemudian pengertian lain Sikap (attitude) yaitu perasaan
atau reaksi terhadap suatu rangsangan yang datang adri luar, misanya perasaan
senang atau tidak senang terhadap munculnya aturan baru .
Berdasarkan
beberapa pendapat diatas disimpulkan yang termasuk ruang lingkup sikap siswa
didalam kelas ketika sedang belajar
sebagai berikut :
a. Perhatian
yaitu perhatian siswa ketika guru sedang menjelaskan
b. Kesulitan
yaitu kesulitan siswa dalam menerima pelajaran.
c. Manfaat
yaitu manfaat yang diperoleh siswa dalam
mempelajari pelajaran matematika.
d. Kesanggupan
atau kepatuhan yaitu kesanggupan siswa untuk mengikuti pelajaran matematika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar