Selasa, 21 Februari 2012

SIKAP BELAJAR SISWA


Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas belajar adalah sikap. Seorang anak memiliki sikap positif terhadap belajar, maka anak tersebut akan memperoleh kesuksesan dalam belajar. Begitu juga sebaliknya, seorang anak yang memiliki sikap negatif didalam kelas ketika sedang belajar, maka anak tersebut sulit memperoleh kesuksesan dalam belajar. Oleh karena itu seorang guru perlu memiliki kemampuan untuk mendorong siswa – siswanya agar memiliki sikap yang positif terhadap mata pelajaran yang diampunya.
Menurut pendapat Marzono (Thuy, 2005) yang mengatakan bahwa syarat perlu untuk berhasil dalam belajar adalah (1) persepsi dan sikap positif siswa terhadap belajar dan (2) kebiasaan berpikir siswa .
(Azwar, 2005) mendefinisikan sikap sebagai bentuk evaluasi atau reaksi perasaan. Sikap seseorang terhadap suatu objek adalah perasaan mendukung maupun perasaan tidak mendukung pada objek tersebut. Pendapat tersebut memberikan penekanan pada perasaan suka atau tidak suka seseorang yang dapat dilihat dari reaksi atau responsnya terhadap objek sikap tersebut  .
Sikap menurut Fishbein dan Ajzen (1975) adalah suatu presdisposisi yang dipelajari untuk merespon secara positif atau negatif terhadap suatu objek, sesuai konsep atau orang .
Fishbein (1985) mendefinisikan sikap adalah predisposisi emosional yang dipelajari untuk merespons secara konsisten terhadap suatu objek. Secara Operasional sikap dapat diekspresikan dalam bentuk kata – kata atau tindakan yang merupakan respons reaksi dari sikapnya terhadap objek baik berupa orang, suatu peristiwa, situasi dan lain sebagainya.
Sementara itu, Chaplin (1981) dalam “Dictionary of Psychology” menyamakan sikap dengan pendirian. Lebih lanjut dia mendefinisikan sikap sebagai predisposisi atau kecenderungan yang relatif stabil dengan berlangsung terus menerus untuk bertingkah laku atau bereaksi dengan suatu cara tertentu terhadap orang lain, objek, lembaga atau persoalan tertentu .

Selain menurut pendapat diatas Bruno (1987), sikap (attitude) adalah kecenderungan yang relatif menetap untuk bereaksi dengan cara baik atau buruk terhadap orang atau barang tertentu.
Kemudian pengertian lain Sikap (attitude) yaitu perasaan atau reaksi terhadap suatu rangsangan yang datang adri luar, misanya perasaan senang atau tidak senang terhadap munculnya aturan baru .
Berdasarkan beberapa pendapat diatas disimpulkan yang termasuk ruang lingkup sikap siswa didalam kelas ketika sedang belajar sebagai berikut :
a.    Perhatian yaitu perhatian siswa ketika guru sedang menjelaskan
b.   Kesulitan yaitu kesulitan siswa dalam menerima pelajaran.
c.    Manfaat yaitu manfaat yang diperoleh siswa dalam   mempelajari pelajaran matematika.
d.   Kesanggupan atau kepatuhan yaitu kesanggupan siswa untuk mengikuti pelajaran matematika.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar