Selasa, 21 Februari 2012

MINAT BELAJAR


Belajar dengan minat akan mendorong siswa belajar lebih baik daripada belajar tanpa minat. Minat ini timbul apabila murid tertarik akan sesuatu karena sesuai dengan kebutuhannya atau merasa bahwa sesuatu yang akan dipelajari dirasakan bermakna bagi dirinya. Namun demikian minat tanpa adanya usaha yang baik maka belajar juga sulit untuk berhasil.          
Tingkat pencapaian kompetensi dasar sangat ditentukan oleh minat siswa terhadap mata pelajaran. Siswa yang mempunyai minat dapat diharapkan akan mencapai prestasi belajar yang optimal. Minat siswa mempelajari suatu materi pembelajaran secara umum memang berbeda – beda antara satu dengan yang lain. Ada siswa lebih tinggi minatnya dalam mempelajari suatu bidang pekerjaan tertentu, sementara siswa lain lebih berminat terhadap bidang lain. Karena suatu materi pembelajaran itu pada umumnya dipelajari secara bersamaan yang berarti tidak didasarkan atas minat masing – masing individu. Oleh karena itu tugas guru adalah membangkitkan minat siswa terhadap mata pelajaran tersebut.
Minat biasanya berkaitan dengan konsentrasi. Konsentrasi sering ditimbulkan oleh adanya minat terhadap sesuatu materi pembelajaran yang dipelajari. Minat pada dasarnya merupakan perhatian yang bersifat khusus. Sedangkan konsentrasi muncul akibat adanya perhatian.
Menurut Getzel (1966:98) minat adalah suatu disposisi yang terorganisir melalui pengalaman yang mendorong seseorang untuk memperoleh objek khusus , aktivitas pemahaman dan keterampilan untuk tujuan perhatian atau pencapaian.
Secara sederhana minat (interest) berarti kecendrungan atau kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu.
 Menurut Reber (1988) minat tidak termasuk istilah populer dalam psikologi karena ketergantungannya yang banyak pada faktor – faktor internal lainnya seperti : pemusatan perhatian, keingintahuan, motivasi dan kebutuhan

Kemudian pengertian lain dari minat (interest)  yaitu kecendrungan seseorang untuk melakukan suatu tindakan atau perbuatan.
Dari beberapa pendapat diatas disimpulkan bahwa minat belajar siswa dalam hal ini ada beberapa faktor yaitu :
a.         Perasaan suka/senang
b.         Perhatian
c.         Ketertarikan
d.        Keingintahuan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar