Selasa, 21 Februari 2012

HASIL BELAJAR


Setelah terjadinya proses belajar mengajar, dapat dilihat dari hasil yang dicapai oleh siswa. Hasil yang dicapai dari belajar dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa dengan cara mengikuti tes. Assessmen Reform Group (2002), mendefinisikan penilaian untuk belajar sebagai Penilaian bagi pembelajaran adalah proses untuk mencari dan menginterprestasi bukti – bukti untuk digunakan oleh para pelajar dan para guru untuk memutuskan dimana siswa – siswa sedang melakukan pembelajaran, dimana mereka membutuhkan untuk mencapai pembelajaran tersebut dan bagaimana cara baik untuk mencapainya.
Cara ini umumnya sudah dilakukan berencana dan sewaktu-waktu menurut kebutuhan yang paling memenuhi persyaratan sebagai evaluasi yang baik. Sedangkan menurut Winkel (1983:48): Hasil belajar mencakup setiap kegiatan belajar yang menghasilkan suatu perubahan yang khas, yaitu yang mempunyai salurannya sendiri (jalan yang dilalui siwa untuk mencapai prestasi tertentu) dan hasilnya sendiri (perubahan dalam sikap atau tingkah laku yang tercapai dan nampak dalam prestasi tertentu).
            Hasil Belajar menurut Bloom (1981) mencakup peringkat dan ipe prestasi belajar, kecepatan belajar dan hasil afektif.
            Hasil belajar atau achievement merupakan realisasi atau pemekaran dari kecakapan – kecakapan potensial atau kapasitas yang dimiliki seseorang. Selain itu hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Penguasaan hasil belajar oleh seseorang dapat yang memiliki ciri – ciri kepribadian tertentu  seperti mandiri, bertanggung jawab, bekerja keras, motivasi tinggi, optimis, punya rasa ingin tahu yang benar, percaya diri, terbuka, memiliki toleransi, kaya akan pemikiran dan lain – lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar