Kamis, 23 Februari 2012

MACAM - MACAM METODE BIMBINGAN & KONSELING


Macam – Macam Metode Bimbingan dan Konseling
    1. Observasi
Yaitu suatu cara untuk mengumpulkan data yang diinginkan dengan jalan     mengadakan pengamatan secara langsung. Observasi dapat dibagi menjadi 3 macam berdasarkan tujuannya yaitu :
a.       Observasi sistematis
b.      Observasi non sistematis
Ditinjau dari peran observer maka observasi dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu :
        a. Observasi yang berpartisipasi ; dalam observasi ini observer (pembimbing) turut mengambil bagian didalam perikehidupan atau situasi dari orang – orang yang diobservasi.
        b. Obserfasi non partisipasi ; pada observasi ini observer tidak mengambil bagiab secara langsung didalam situasi kehidupan yang diobservasi.
        c. Quasi Partisipasi ; dalam bentuk ini seolah – olah observer turut berpartisipasi.

Ditinjau dari segi situasinya observasi dibedakan menjadi 3 macam yaitu :
       1. Free situation, maksudnya observasi yang dijalankan dalam situasi yang bebas, tidak ada hal – hal yang membatasi jalannya observasi itu.
            2. Manipulated situasion yaitu observasi yang situasinya dengan sengaja diadakan
      3. Partially control situation yaitu percampuran dari keadaan observasi yang terdahulu  jadi sebagian situasinya dengan sengaja ditimbulkan sehingga sifatnya terkontrol, sebagian dalam free situation.

Hal – hal yang harus diperhatikan dalam observasi ialah :
a.  menentukan materi yang sesuai dengan tujuan observasi
b.  menentukan cara atau teknik yang dipergunakan
c.  menentukan cara mencatat hasil observasi
         d. harus membedakan mana yang merupakan fakta, mana yang merupakan interprestasi
e. selama observasi jangan memberikan interprestasi tetapi diberikan setelah   observasi selesai
Beberapa alat observasi :
a. Anecdotal records
b. Catatan berkala
c. Check scale
d. Ranting scale
e. Mechanical devices
    2.  Quistionaire
Questionaire disebut angkat suatu daftar yang berisi pertanyaan – pertanyaan yang   harus dijawab atau dikerjakan oleh orang yang menjadi sasaran quitionire dan pertanyaan didalamnya tergantung pada maksud dan tujuan yang ingin dicapai.
a.   Pertanyaan yang tertutup yaitu pertanyaan – pertanyaan dimana orang yang menjadi sasaran memilih jawaban yang telah disediakan.
b.   Pertanyaan yang terbuka, dimana seseorang diberikan kesempatan untuk memberikan jawaban terhadap quitionaire.
c.    Pertanyaan yang terbuka dan tertutup yaitu campuran dari kedua pertanyaan tersebut diatas disebut juga quisionaire tertutup dan terbuka.
Cara memberikan quietionaire dapat dibedakan :
a.       Langsung
b.      Tidak langsung
Keuntungan metode quistionaire :
1.      praktis
2.      ekonomis
3.      orang dapat menjawab dengan terbuka
Kelemahan metode quistionaire :
1.      jika ada pertanyaan kurang jelas sulit untuk mendapat keteranga lebih lanjut
2.      pertanyaannya biasanya bersifar agak kaku
3.      sulit untuk memberikan jaminan bahwa semua quistionaire yang telah dikeluarkan itu akan kembali seluruhnya.
     3. Interview
Interview adalah suatu metode untuk mendapatkan data dengan mengadakan wawancara secara langsung (face to face relation) dan penyajiannya secara lisan.
Kelebihan Metode Interview adalah :
a.       Dengan interview pertanyaan – pertanyaan yang kurang jelas dapat diperjelas oleh interview sehingga mengerti apa yang dimaksud.
b.      Bahasa dapat disesuaikan dengan keadaan interview karena adanya hubungan langsung diharpkan menimbulkan suasana persaudaraan.

Kelemahan metode interview adalah :
a.       membutuhkan waktu yang lama, tenaga dan biaya
b.      membutuhkan keahlian maka diperlukan pendidikan yang khusus dengan waktu yang lama
c.       bila terjadi prasangka hal ini akan mempengaruhi hasil interview dan hasilnya tidak objektif.

Macam – macam interview menurut tujuannya :
1.      the employment interview : interview yang ditujuakn untuk mendapatkan gambaran sampai dimana sifat – sifat yang dipunyai oleh orang terhadap criteria yang dibutuhkan.
2.      information interview : interview yang ditujukan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
3.      administrasi interview : interview yang dijalankan untuk keperluan administrasi.
4.      counseling interview : interview yang dijalankan untuk  keperluan konseling.
    
    4.  Sosiometri
Sosiometri menunjukkan tentang ukuran berteman, dapat dilihat bagaimana hubungan sosial atau bergaul baik tidaknya hubungan sosial individu dengan yang lain dapat dilihat dari berbagai segi :
a.       Frekuansi yaitu sering atau tidaknya anak itu bergaul
b.      Intensited yaitu intim atau tidaknya mereka bergaul
c.       Popularited yaitu banyak sedikitnya teman bergaul
 
    5.  Tes
Tes dalah suatu metode atau alat untuk mengadakan penyelidikan dengan menggunakan soal – soal yang telah dipilih dengan sesame artinya dengan standar tertentu perlu diketahui, bahwa baik atau tidaknya tes bergantung pada  validitas
dan realibita. Macam – macan tes yaitu :
1.      Berdasarkan banyknya yang dites :
a.       Tes Individual , dimana tes ini dikerjakan secara individual .
b.      Tes kelompok, dimana yang dites merupakan suatu kelompok pada waktu tertentu.
2.      Bedasarkan cara pengetesan mengerjakan tugas – tugas :
a.       Tes pengmatan
b.      Tes perhatian
c.       Tes inteligensi
3.      Berdasarkan cara pengetesan mengerjakan tugas – tugas :
a.       Tes verbal (tes bahasa)
b.      Tes peraga (performance)

6.      Case Studi
Case studi adalah suatu metode penyelidikan untuk mempelajari kejadian mengenai perseorangan, dengan kata lain metode untuk menyelidiki riwayat hidup seseorang. Case studi untuk menggunakan persiapan konseling ada beberapa macam :
-          data identifikasi ( data pengenalan)
-          tanda atau gejala yang nampak
-          interprestasi dari data (kesulitan)
-          langkah – langkah yang diambil dalam memberikan konseling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar