Jumat, 27 Januari 2012

proposal skripsi matematika


BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

       Proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pembelajaran pendidikan secara langsung dengan guru sebagai pemegang utama. Hal ini bertujuan agar keberhasilan belajar siswa, berhasil secara optimal dengan itu pendidikan sangat penting untuk setiap orang.
Disctionary of Education menyebutkan bahwa pendidikan adalah proses dimana seseorang mengembangkan kemampuan sikap dan bentuk – bentuk tingkah laku lainnya di dalam masyarakat dimana ia hidup, proses sosial dimana orang dihadapkan pada pengaruh lingkungan yang terpilih dan terkontrol (khususnya yang datang dari sekolah) sehingga didapat memperoleh atau mengalami perkembangan kemampuan sosial dan kemampuan individu yang optimum[1] .

Minat dapat mempengaruhi kualitas pencapaian hasil belajar siswa dalam bidang – bidang studi tertentu. Seorang siswa yang menaruh minat besar terhadap mata pelajaran matematika akan memusatkan perhatiannya lebih banyak dari pada siswa lainnya. Kemudian karena pemusatan perhatian yang insentif terhadap materi itulah yang memungkinkan siswa tadi untuk belajar lebih giat dan akhirnya mencapai prestasi yang diinginkan.
Dalam dunia pendidikan sikap siswa juga memegang peranan yang sangat penting, dengan sikap siswa dapat menerima atau menolak suatu pelajaran. Dilihat dari sudut pandang agak berbeda sikap merupakan kecenderungan untuk bereaksi terhadap orang, lembaga, atau peristiwa baik secara positif maupun negatif . Selain itu Sikap merupakan salah satu aspek psikologis individu yang sangat penting karena sikap merupakan kecenderungan untuk berperilaku sehingga akan banyak mewarnai perilaku seseorang[2].
Pelajaran matematika seringkali dirasakan sulit oleh siswa sehingga cenderung tidak disenangi oleh anak. Akibatnya tidak sedikit siswa yang malas untuk mempelajari matematika dan akhirnya menjadi siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika. Sikap siswa didalam kelas terhadap suatu pelajaran tidak sama setiap individunya, berdasarkan hasil observasi terbatas terhadap aktivitas pembelajaran Matematika MA.Tuma’ninah Yasin Metro, ada yang bersikap positif seperti keseriusan dalam mengikuti pelajaran dikelas, selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, memperhatikan penjelasan dari guru dan berusaha mengerjakan soal-soal yang diberikan dikelas. Tetapi ada pula yang bersikap negatif seperti acuh, ngobrol dengan teman sebangku, tidak mau mencatat apa yang ditulis dipapan tulis maupun yang disampaikan oleh guru, tidak ada kemauan untuk berusaha mengerjakan contoh soal dari materi yang telah dipelajari dan selalu gelisah di dalam kelas.
Keberhasilan belajar ditandai oleh adanya kemampuan atau kecakapan yang sebelumnya tidak dimiliki siswa yang muncul setelah melakukan proses belajar. Untuk mengetahui keberhasilan belajar dilakukan penilaian[3].
Berdasarkan data hasil pra survey yang berupa data hasil belajar matematika kelas X  di MA.Tuma’ninah Yasin Metro yang peneliti dapatkan adalah sebagai berikut :


Tabel Data Hasil Ujian Matematika Siswa X MA.Tuma’nianh Yasin Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2010/2011.
No
Nilai
Kriteria
Jumlah        
Siswa
Persentase
%
  1
 60
Tuntas
9
45
  2
 < 60
Belum Tuntas
11
55
Jumlah
20
100

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) berdasarkan ketentuan dari MA.Tuma’ninah Yasin Metro.
            Berdasarkan tebel di atas dapat dilihat bahwa dengan KKM sebesar 60 terdapat 45% atau hanya 9 siswa yang tuntas. Sedangkan siswa yang belum tuntas belajar terdapat 55% atau sebanyak 11 siswa. Jadi perolehan hasil belajar tersebut belum memenuhi tujuan  yang diharapkan karena jelas bahwa siswa yang belum tuntas lebih banyak dibandingkan siswa yang tuntas. Bahwa hasil belajar siswa rendah diduga karena dipengaruhi oleh beberapa siswa masih ada yang kurang memperhatikan materi yang dijelaskan oleh guru, sikap siswa yang masih mengarah kesikap negatif dalam belajar, minat belajar yang kurang, kurang aktifnya siswa untuk bertanya, dan masih ada siswa yang tidak mengerjakan tugas.
Keberhasilan belajar siswa sebagaiman diketahui dipengaruhi banyak faktor, baik yang berasal dari dalam diri siswa maupun yang berasal dari luar diri siswa. Faktor yang berasal dari diri siswa antara lain sikap siswa, bakat, tingkat kecerdasan dan minat belajar siswa sedangkan faktor yang berasal dari luar siswa antara lain faktor sosial, budaya dan lingkungan. Selain itu untuk mencapai keberhasilan dalam belajar, guru juga mempunyai peran penting dalam proses belajar. Guru harus memberikan motivasi siswa agar mempunyai minat belajar sehingga siswa mempunyai sikap yang baik dalam merespon mata pelajaran matematika.
             Dalam observasi di MA.Tuma’ninah Yasin Metro ketika proses belajar sampai proses belajar selesai guru kurang memberikan motivasi belajar kepada siswa .
        Berdasarkan latar belakang diatas , maka penulis ingin mengadakan penelitian dengan judul “ PENGARUH MINAT BELAJAR  DAN SIKAP SISWA DIDALAM KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MA.TUMA’NINAH YASIN METRO SEMESTER GANJIL SISWA  KELAS X TAHUN PELAJARAN 2011/2012  POKOK BAHASAN OPERASI ALJABAR PADA BENTUK AKAR.
B.        Identififkasi Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas penulis dapat mengidentifikasi masalah yang ada yaitu :
1.      Kurangnya  minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
2.      Sikap siswa yang kurang memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan.
3.      Masih ada siswa yang tidak mengerjakan tugas matematika.
4.       Hasil belajar siswa masih rendah.
5.       Guru kurang memberikan motivasi belajar kepada siswa.
  1.  Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah diatas maka penulis membatasi masalah yaitu pengaruh minat belajar siswa dan sikap siswa didalam kelas terhadap hasil belajar matematika kelas X semester ganjil pada pokok bahasan operasi aljabar pada bentuk akar.

D.    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka penulis merumuskan masalah yaitu :
1.   Adakah pengaruh antara minat belajar siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas x semester ganjil MA.Tuma’ninah Yasin Metro tahun pelajaran 2011/2012 ?
2. Adakah pengaruh antara sikap  siswa didalam kelas dengan hasil belajar matematika siswa kelas x semester ganjil MA.Tuma’ninah Yasin Metro tahun pelajaran 2011/2012 ?
3.   Adakah pengaruh antara minat belajar siswa dan sikap siswa didalam kelas dengan hasil belajar matematika siswa kelas x semester ganjil MA.Tuma’ninah Yasin Metro tahun pelajaran 2011/2012 ?
  1. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikasi pengaruh antara variabel minat belajar siswa dan sikap siswa didalam kelas dengan hasil belajar matematika siswa.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keeratan :
1.      Pengaruh antara minat belajar siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas X semester ganjil MA.Tuma’ninah Yasin Metro tahun pelajaran 2011/2012.
2.      Pengaruh antara sikap siswa didalam kelas dengan hasil belajar matematika siswa kelas X semester ganjil MA.Tuma’ninah Yasin Metro tahun pelajaran 2011/2012.
3.         Pengaruh antara minat belajar siswa dan sikap siswa didalam kelas dengan hasil belajar matematika siswa kelas X semester ganjil MA.Tuma’ninah Yasin Metro tahun pelajaran 2011/2012.
F.  Kegunaan Penelitian
Kegunaan yang diharapkan dari penelitian ini sebagai berikut :
1.      Bagi Siswa :
a.       Memberikan kontribusi kepada siswa – siswa kelas X MA.Tuma’ninah Yasin Metro agar dapat menyelesaikan hambatan belajar yang mereka   alami.
b.      Mengembangkan sikap ingin tahu siswa untuk meningkatkan hasil belajar.
2.      Bagi Guru :
a.         Dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi guru – guru matematika di MA.Tuma’ninah Yasin Metro.
b.         Meningkatkan kreativitas bagi guru dalam menciptakan pembelajaran matematika yang menarik.
3.      Bagi Sekolah :
Dapat meningkatkan mengembangkan pelaksanaan kurikulum pada pembelajaran matematika.

G. Ruang Lingkup Penelitian
Ruang lingkup dalam penelitian ini yaitu :
1.      Lokasi Penelitian adalah MA. Tuma’ninah Yasin Metro.
2.      Objek Penelitian ini adalah minat belajar (X1), sikap siswa didalam kelas  (X2) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika (Y).
3.       Subjek Penelitian
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA.Tuma’ninah Yasin Metro.
4.       Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012.
5.      Materi atau pokok bahasannya adalah Operasi aljabar pada bentuk Akar.




[1] Fuad Ihsan . Dasar – Dasar Kependidikan. Rineka Cipta. Jakarta.2005.h.4
[2] Muhammad. Psikologi Pembelajaran. Cv Wacana Prima. Bandung. 2007. H.159-161
[3] Sumiati dan Asra, M. Ed. Metode Pembelajaran. Cv Wacana Prima.Bandung. 2007.h.26

2 komentar: