BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pembelajaran
pendidikan secara langsung dengan guru sebagai pemegang utama. Hal ini bertujuan agar keberhasilan
belajar siswa, berhasil secara optimal dengan itu pendidikan sangat penting
untuk setiap orang.
Disctionary of Education
menyebutkan bahwa pendidikan adalah proses dimana seseorang mengembangkan
kemampuan sikap dan bentuk – bentuk tingkah laku lainnya di dalam masyarakat
dimana ia hidup, proses sosial dimana orang dihadapkan pada pengaruh lingkungan
yang terpilih dan terkontrol (khususnya yang datang dari sekolah) sehingga didapat
memperoleh atau mengalami perkembangan kemampuan sosial dan kemampuan individu
yang optimum[1] .
Minat dapat mempengaruhi kualitas pencapaian hasil belajar siswa dalam
bidang – bidang studi tertentu. Seorang siswa yang menaruh minat besar terhadap
mata pelajaran matematika akan memusatkan perhatiannya lebih banyak dari pada
siswa lainnya. Kemudian karena pemusatan perhatian yang insentif terhadap
materi itulah yang memungkinkan siswa tadi untuk belajar lebih giat dan
akhirnya mencapai prestasi yang diinginkan.
Dalam dunia
pendidikan sikap siswa juga memegang peranan yang sangat penting, dengan sikap
siswa dapat menerima atau menolak suatu pelajaran. Dilihat dari sudut
pandang agak berbeda sikap merupakan kecenderungan untuk bereaksi terhadap
orang, lembaga, atau peristiwa baik secara positif maupun negatif . Selain itu
Sikap merupakan salah satu aspek psikologis individu yang sangat penting karena
sikap merupakan kecenderungan untuk berperilaku sehingga akan banyak mewarnai
perilaku seseorang[2].
Pelajaran matematika seringkali dirasakan sulit oleh
siswa sehingga cenderung tidak disenangi oleh anak. Akibatnya tidak sedikit siswa
yang malas untuk mempelajari matematika dan akhirnya menjadi siswa yang
mengalami kesulitan belajar matematika. Sikap siswa didalam kelas terhadap
suatu pelajaran tidak sama setiap individunya, berdasarkan hasil observasi
terbatas terhadap aktivitas pembelajaran Matematika MA.Tuma’ninah Yasin Metro, ada yang bersikap positif
seperti keseriusan dalam mengikuti pelajaran dikelas, selalu mengerjakan tugas
yang diberikan oleh guru, memperhatikan penjelasan dari guru dan berusaha
mengerjakan soal-soal yang diberikan dikelas. Tetapi ada pula yang bersikap
negatif seperti acuh, ngobrol dengan teman sebangku, tidak mau mencatat apa
yang ditulis dipapan tulis maupun yang disampaikan oleh guru, tidak ada kemauan
untuk berusaha mengerjakan contoh soal dari materi yang telah dipelajari dan
selalu gelisah di dalam kelas.
Keberhasilan belajar ditandai oleh adanya kemampuan atau
kecakapan yang sebelumnya tidak dimiliki siswa yang muncul setelah melakukan
proses belajar. Untuk mengetahui keberhasilan belajar dilakukan penilaian[3].
Berdasarkan data hasil pra survey yang berupa data hasil belajar matematika kelas X
di MA.Tuma’ninah Yasin Metro yang peneliti dapatkan adalah
sebagai berikut :
Tabel Data Hasil Ujian Matematika Siswa X MA.Tuma’nianh Yasin Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2010/2011.
No
|
Nilai
|
Kriteria
|
Jumlah
Siswa
|
Persentase
%
|
1
|
60
|
Tuntas
|
9
|
45
|
2
|
<
60
|
Belum Tuntas
|
11
|
55
|
Jumlah
|
20
|
100
|
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) berdasarkan
ketentuan dari MA.Tuma’ninah Yasin Metro.
Berdasarkan
tebel di atas dapat dilihat bahwa dengan KKM sebesar 60 terdapat 45% atau hanya 9 siswa yang tuntas. Sedangkan siswa yang belum tuntas belajar terdapat 55% atau sebanyak 11 siswa. Jadi perolehan hasil belajar tersebut
belum memenuhi tujuan yang
diharapkan karena jelas bahwa siswa yang belum tuntas lebih banyak dibandingkan
siswa yang tuntas. Bahwa hasil belajar siswa rendah
diduga karena dipengaruhi oleh beberapa siswa masih ada yang kurang
memperhatikan materi yang dijelaskan oleh guru, sikap siswa yang masih mengarah
kesikap negatif dalam belajar, minat belajar yang kurang, kurang aktifnya siswa untuk bertanya, dan masih ada siswa yang tidak mengerjakan
tugas.
Keberhasilan
belajar siswa sebagaiman diketahui dipengaruhi banyak faktor, baik yang berasal
dari dalam diri siswa maupun yang berasal dari luar diri siswa. Faktor yang
berasal dari diri siswa antara lain sikap siswa, bakat, tingkat kecerdasan dan
minat belajar siswa sedangkan faktor yang berasal dari luar siswa antara lain
faktor sosial, budaya dan lingkungan. Selain itu untuk mencapai keberhasilan
dalam belajar, guru juga mempunyai peran penting dalam proses belajar. Guru
harus memberikan motivasi siswa agar mempunyai minat belajar sehingga siswa mempunyai
sikap yang baik dalam merespon mata pelajaran matematika.
Dalam observasi di MA.Tuma’ninah Yasin Metro ketika proses
belajar sampai proses belajar selesai guru kurang memberikan motivasi belajar
kepada siswa .
Berdasarkan latar
belakang diatas , maka penulis ingin mengadakan penelitian dengan judul “ PENGARUH MINAT BELAJAR DAN SIKAP SISWA DIDALAM KELAS TERHADAP HASIL
BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MA.TUMA’NINAH YASIN METRO SEMESTER GANJIL SISWA KELAS X TAHUN PELAJARAN 2011/2012 POKOK BAHASAN OPERASI
ALJABAR PADA BENTUK AKAR.
B.
Identififkasi
Masalah
Berdasarkan
latar belakang diatas penulis dapat mengidentifikasi masalah yang ada yaitu :
1.
Kurangnya minat
belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
2.
Sikap siswa yang kurang memperhatikan ketika guru
sedang menjelaskan.
3.
Masih ada siswa yang tidak mengerjakan tugas
matematika.
4.
Hasil belajar
siswa masih rendah.
5.
Guru kurang memberikan
motivasi belajar kepada siswa.
- Pembatasan Masalah
Berdasarkan
identifikasi masalah diatas maka penulis membatasi masalah yaitu pengaruh minat
belajar siswa dan sikap siswa didalam kelas terhadap hasil belajar matematika
kelas X semester ganjil pada pokok bahasan operasi aljabar pada bentuk akar.
D. Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas maka penulis merumuskan masalah yaitu :
1.
Adakah pengaruh antara minat belajar siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas x semester ganjil MA.Tuma’ninah Yasin Metro tahun pelajaran 2011/2012 ?
2. Adakah pengaruh antara sikap siswa didalam kelas dengan hasil belajar matematika siswa kelas x semester ganjil MA.Tuma’ninah Yasin Metro tahun
pelajaran 2011/2012 ?
3.
Adakah pengaruh antara minat belajar siswa dan sikap siswa didalam kelas dengan hasil belajar matematika siswa kelas x semester ganjil MA.Tuma’ninah Yasin Metro tahun pelajaran 2011/2012 ?
- Tujuan Penelitian
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui signifikasi pengaruh antara variabel minat belajar siswa dan sikap siswa didalam kelas dengan hasil belajar matematika siswa.
Adapun
tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keeratan :
1.
Pengaruh antara minat belajar siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas
X semester ganjil MA.Tuma’ninah
Yasin Metro tahun pelajaran 2011/2012.
2.
Pengaruh antara sikap siswa didalam kelas dengan hasil belajar matematika siswa kelas
X semester ganjil MA.Tuma’ninah
Yasin Metro tahun pelajaran 2011/2012.
3.
Pengaruh
antara minat belajar siswa dan sikap siswa didalam kelas dengan hasil belajar matematika siswa
kelas X semester ganjil
MA.Tuma’ninah Yasin Metro tahun pelajaran 2011/2012.
F.
Kegunaan Penelitian
Kegunaan yang diharapkan dari penelitian ini sebagai berikut :
1. Bagi Siswa :
a. Memberikan kontribusi kepada siswa – siswa
kelas X MA.Tuma’ninah Yasin Metro agar dapat menyelesaikan hambatan belajar
yang mereka alami.
b. Mengembangkan sikap ingin tahu siswa untuk
meningkatkan hasil belajar.
2. Bagi Guru :
a.
Dapat
memberikan sumbangan pemikiran bagi guru – guru matematika di MA.Tuma’ninah
Yasin Metro.
b.
Meningkatkan
kreativitas bagi guru dalam menciptakan pembelajaran matematika yang menarik.
3. Bagi Sekolah :
Dapat meningkatkan mengembangkan
pelaksanaan kurikulum pada pembelajaran matematika.
G. Ruang Lingkup Penelitian
Ruang lingkup dalam penelitian
ini yaitu :
1. Lokasi Penelitian adalah MA. Tuma’ninah
Yasin Metro.
2.
Objek
Penelitian ini adalah minat belajar (X1),
sikap siswa didalam kelas (X2) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika
(Y).
3. Subjek Penelitian
Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X MA.Tuma’ninah Yasin Metro.
4. Waktu Penelitian
Penelitian
ini dilakukan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012.
5. Materi atau pokok bahasannya adalah
Operasi aljabar pada bentuk Akar.
la po wes lulos?
BalasHapuswah.. maksih ne,, bisa buat bahan..hoho
BalasHapus